Asuransi Kesehatan Sudah Jadi Kebutuhan

Pada akhir-akhir ini mungkin dari sebagian kita sudah banyak mendengar mengenai suransi. Namun sayangnya masyarakat dewasa ini sudah jenuh berurusan dengan asuransi. Hal ini dikarenakan fungsi dari asuransi belum terasa begitu bermanfaat dibandingkan dengan masyarakat di Negara maju. Padahal manfaat dari asuransi itu sendiri sangat sangatlah bermanfaat bagi kita semua terutama dalam hal kesehatan.

Sebagian masyarakat Indonesia pada umumnya atau masyarakat Medan pada khususnya hanya mengandalkan asuransi kesehatan yang dibiayai oleh kantor atau tempat kerja mereka. Padahal seandainya masyarakat Indonesai menyadari bahwa asuransi kesehatan atas biaya sendiri tentunya akan lebih memberikan manfaat yang jauh lebih dibandingkan dengan pembiayan dari kantor atau tempat kerja.

Asuransi Kesehatan adalah jenis asuransi yang menjaga ketersedian dana bila individu atau anggota keluarga terserang penyakit. Semua kebutuhan dari berobat ke dokter sampai harus menginap di rumah sakit dengan berbagai kebutuhan seperti, biaya obat di rumah sakit sampai operasi semua hal tersebut ditanggung oleh perusahaan asuransi.


Masyarakat Indonesia pada umumnya belum melihat asuransi khusunya asuransi kesehatan sebagai suatu kebutuhan. Lain halnya dengan masyarakat Amerika atau Eropa yang sudah melihat asuransi kesehatan sebagai suatu kebutuhan. Bukan hanya biaya yang tinggi untuk mendapatkan perawatan medis di negara Amerika atau Eropa, tetapi bila tidak memiliki asuransi maka akan sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkan perawatan terbaik yang diinginkan.

Secara umum perihal asuransi kesehatan hampir sama dengan asurasi general di mana premi yang dibayarkan untuk satu tahun tidak dapat dikembalikan lagi atau hangus walau selama tahun berjalan tidak ada klaim. Beberapa perusahaan asuransi memberikan sejumlah pengembalian dari premi yang dibayarkan bila tidak ada klain selama 1 tahun berjalan, walau besarannya kecil. Ada juga yang mengembalikan 50% dari premi walaupun sudah pernah melakukan klaim atau 75% jika belum pernah melakukan klaim sekalipun.(http://www.sahabatpasti.co.cc/)

Di Indonesia terdapat dua kategori asuransi kesehatan yaitu asuransi kesehatan kolektif (kelompok) dan asuransi kesehatan individu. Asuransi individu biasanya diperutukan untuk keluarga di mana hanya beranggotakan maksimal 5 individu, ayah, ibu dana 3 orang anak. Premi yang harus dikeluarkan relatif lebih tinggi dari asuransi kesehatan kolektif.
Sementara itu, secara kolektif jumlah individu yang ikut lebih besar dan biasanya premi yang dibayarkan lebih ringan karena risiko terjadinya klaim di bagi rata oleh seluruh individu di dalam kelompok. Semakin besar jumlah kelompok atau anggota di dalam satu kumpulan semakin rendah premi yang harus dibayarkan.

Manfaat dari Asuransi KesehatanSecara umum jenis perawatan atau program yang tersedia adalah

1. Manfaat rawat jalan (outpatient) dan manfaat rawat inap (inpatient), Secara umum manfaat rawat jalan (outpatient) yang ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah:

* Konsultasi dokter umum

* Pemberian rujukan ke dokter spesilis bila diperlukan

* Konsultasi ke dokter spesialis* Pembelian obat-obatan yang sesuai dengan daftar obat

* Pemerikasaan penunjang diagnostik

Dalam manfaat rawat jalan terdapat batas maksimum penggunaan dana setiap tahunnya tetapi ada juga asuransi yang memberikan perlindungan 365 hari/tahun tanpa henti dan 12 jam/hari sudah dapat melaukan klaim kesehatan (http://www.sahabatpasti.co.cc/ ).

2. Manfaat persalinan Manfaat persalinan berkaitan dengan kelahiran anak, dari biaya melahirkan normal, melahirkan dengan alat bantu tambahan dan operasi S-caesacea. Untuk manfaat persalian terdapat masa tunggu yang biasanya sampai 280 hari. Setiap perusahaan asuransi memiliki batas masa tunggu yang berbeda-beda.

3. Manfaat perawatan gigi. Sedangkan untuk manfaat perawatan gigi terdiri dari pencegahan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks dan pemasangan gigi palsu. Untuk perawatan semua ini biasanya perusahaan asuransi membatasi jumlah total biaya yang bisa digunakan per-tahun. Dalam manfaat perawatan gigi terdapat kewajiban bagi tertanggung untuk membayar 20 persen dari biaya perawatan (sama dengan manfaat rawat jalan).

Untuk manfaat rawat inap di mana merupakan manfaat dasar yang harus diambil terlebih dahulu, cakupan manfaat rawat inap secara umum hampir sama dari berbagai perusahaan asuransi yang ada.


Manfaat tersebut terdiri atas :

* Konsultasi dokter

* Konsultasi dokter spesialis
* Biaya akomodasi ruangan

* Biaya akomodasi ruangan-ICU

* Biaya tindakan bedah, kompleks, major, intermediate dan minor

* Biaya lain-lain rumah sakit mencakup: biaya obat, pemeriksaan lab dan diagnostik
* Rawat jalan 30 hari sebelum dan sesudah rawat inap

* Perawatan di rumah* Layanan ambulan local

* Rawat jalan gawat darurat akibat kecelakaan
* Rawat jalan gawat darurat gigi akibat kecelakaan
* Santunan kematian

Besarnya pertanggungan sangat bergantung dengan program yang Anda ambil, berbagai perusahaan asuransi memakai nama atau jenis program yang berbeda-beda. Untuk rawat inap besarnya premi yang harus dibayar pertahun dilihat dari besarnya biaya akomodasi kamar di rumah sakit yang Anda pilih, misalnya Anda memilih biaya akomodasi dengan biaya Rp. 500,000 maka manfaat berikutnya mengikuti pilihan program yang ditentukan.

Untuk ketiga program tambahan, premi yang harus dibayarkan untuk rawat jalan berdasarkan besarnya konsultasi dokter umum yang dipilih, persalinan berdasarkan biaya melahirkan normal yang diinginkan dan perawatan gigi ditinjau dari perawatan dasar.

Biaya kesehatan sekarang dari hanya berobat ke dokter saja telah membutuhkan biaya yang cukup mahal (bayar dokter ditambah dengan pembelian obat), apalagi bila harus berobat dan menginap di rumah sakit. Biaya pengobatan yang semakin hari semakin meningkat mengakibatkan beban keluarga menjadi sangat berat bila salah satu dari anggota keluarga diserang penyakit. Sementara itu, hal tak terduga, seperti sakit atau kecelakaan merupakan kejadian yang sering terjadi walau waktunya tidak bisa diprediksi. Karena itu sangat dibutuhkan sebuah perencanaan guna mengatasi problema atau masalah ini dengan cermat dan bijaksana.


Pentingnya Asuransi

Beberapa alasan mengapa pentingnya asuransi kesehatan menjadi sangat penting bagi sebuah perencanaan keluarga

1. Pertama, dengan mengikuti program asuransi kesehatan, secara pasti Anda mengetahui beban pengeluaran yang harus keluarkan pertahun untuk pembayaran premi tanpa harus takut bila salah satu anggota keluarga terserang penyakit.

2. Kedua, dengan memilih program asuransi kesehatan dengan sistem provider, bila salah satu anggota keluarga terserang penyakit maka Anda tidak usah pusing dengan permasalahan uang, karena semua itu sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi dan Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk rawat inap. Dengan rawat jalan Anda diharuskan mengeluarkan 20 persen dari total biaya.

Sedangkan dari segi kekurangannya asuransi kesehatan masih cukup mahal untuk masyarakat kita. Sebenarnya kata mahal itu sangat relatif, oleh karena itu kami sangat menyarankan agar Anda merencanakan keuangan keluarga Anda, sehingga Anda dapat melihat tujuan keuangan keluarga berdasarkan prioritas.

Bila Anda ikut dengan perusahaan asuransi yang memakai sistem provider, Anda hanya bisa memilih rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi. Jadi yang harus dilihat dalam hal ini adalah berapa banyak rumah sakit atau klinik rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Pilihan termudah adalah dengan menentukan rumah sakit terdekat dengan rumah tinggal dan tentunya dengan kualitas terbaik.

Semakin muda Anda akan semakin mudah untuk mengikutinya dan premi yang harus dikeluarkan juga relatif lebih murah. Semakin muda anda mengikuti asuransi manfaat yang yang diterimapun akan lebih terasa. Apalagi ditambah bahwa pola hidup sehat di kota – kota besar di Inodnesia semakin ditinggalkan. (Pierre)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar